Slider

Melihat Fasilitas di Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat menjadi tempat yang layak untuk membaca, mencari referensi, dan mengerjakan tugas.

“Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan,” ujar Jokowi saat meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Perpustakaan Nasional RI terdiri dari 24 lantai operasional. Di lantai dasar terdapat rak buku yang tingginya mencapai lantai empat.  Lantai dua terdapat pusat informasi, pembuatan kartu anggota, dan loker penitipan tas. Jangan lupa mampir ke lantai dua, karena untuk membaca di Perpustakaan Nasional RI dilarang membawa tas.

Kartu anggota juga berfungsi untuk peminjaman buku langsung atau mengakses buku lewat online.  Setiap lantai di Perpustakaan Nasional RI mencerminkan koleksi buku tersebut. Misalnya pada lantai 14 terdapat koleksi buku langka, kemudian lantai 21-24 terdapat koleksi buku umum. Di lantai teratas, lantai 24 juga terdapat executive lounge dan menjadi tempat yang tepat untuk melihat panorama areal Monas.

Untuk yang membawa anak, jangan lewatkan berkunjung ke lantai tujuh tepatnya di Ruang Layanan Anak. Di sana terdapat koleksi buku anak dan ruang baca yang nyaman. Di lantai tujuh juga terdapat Ruang Lansia dan Penyandang Disabilitas. Ada koleksi buku huruf braille dan komputer khusus bagi penyandang disabilitas.  Bagi yang ingin menunaikan ibadah shalat tersedia mushala di lantai enam. Sedangkan di lantai tujuh terdapat kantin. Dilarang bersantap di Perpustakaan Nasional RI, kecuali di kantin.

Selain koleksi buku, Perpustakaan Nasional RI juga memiliki koleksi audiovisual, foto, peta, dan lukisan yang dapat dilihat oleh pengunjung. Tak jarang juga ada pameran berkala di Perpustakaan Nasional RI. Perpustakaan Nasional RI terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Untuk menuju ke sana dapat menumpang Transjakarta tujuan Pulo Gadung dan berhenti di Halte Balai Kota. Gedung Perpustakaan Nasional RI tepat di seberang halte Transjakarta.

Sumber : Google News Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.